Tata Rias Wajah Foto dan Film -DWI ASTUTI SIH APSARI









A. Lembar Informasi Secara garis besar,
tata rias wajah foto dibagi menjadi dua jenis: - Rias wajah foto hitam putih - Rias wajah foto berwarna Pada fotografi berwarna, kualitas warna dari sumber cahaya merupakan faktor penting bagi reproduksi yang tepat dari corak-corak warna dan gradiasinya yang ada pada subyek. Sedangkan pada fotografi hitam putih, kualitas warna ini tidak sedemikian penting, karena di sini warna sifatnya relatif menurut skala warna abu-abu. Pada televisi, ukuran orang yang sebenarnya biasanya diperkecil, supaya sesuai untuk suatu screen dimana ukuran menjadi kurang daripada ukuran yang asli, dan kita melihat adegan langsung pada sebuah tube elektronik Pada film, yang dilihat gambar pantulan dari gambar yang diproyeksikan ke atas suatu layar pertunjukan, dan ukuran seseorang menjadi diperbesar, sehingga pada suatu close-up kepalanya saja seringkali tingginya duapuluh sampai tigapuluh kaki. Jadi perbedaan pokok efek make-up pada gambar hidup dengan ef eknya pada televisi ialah gambar hidup efek itu menjadi diperbesar di atas layar pertunjukkan yang besar, sedangkan pada televisi efek itu terpadatkan pada screen gambar yang lazimnya lebih kecil dari ukuran-ukuran manusia yang hidup. Mendiagnosa wajah Mengamati kulit wajah dengan menulis ciri-ciri kulit wajah pada lembar diagnosa

B. Lembar Kerja
 1.Alat - alat tulis - lembar diagnosa
2. Bahan - kulit wajah model
3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada saat melakukan diagnosa harus memperhatikan faktor kesehatan dan keselamatan kerja baik dari penata rias maupun sisi klien (customer). Kesehatan yang dimaksud adalah: Kerbersihan ruangan, sirkulasi udara yang sehat serta penggunaan alat-alat yang telah disucihamakan terlebih dahulu sebelum digunakan. Yang lebih penting adalah penata rias bebas bau badan, dan nafas yang segar sehingga tidak mengganggu komunikasi, serta tidak mengidap penyakit menular. Keselamatan Kerja yang dimaksud adalah: - Melaksanakan diagnosa sesuai prosedur & aman - Tertib dalam pengoperasian alat-alat Mengingat bidang kecantikan adalah ilmu yang penuh dengan sentuhan seni, maka jangan lupa menciptakan suasana yang indah dan nyaman sehingga customer akan bertahan lama dan kembali lagi ke salon untuk mencoba jasa pelayanan yang lainnya.
4. Langkah Kerja - persiapkan kebutuhan untuk mendiagnosa, misalnya: alat tulis, lembar diagnosa - amati ciri-ciri yang terdapat kulit wajah model - catat pada lembar diagnosa di bawah ini


A. Lembar Informasi Kosmetik untuk tata rias wajah foto hitam putih dan berwarna
a. Memilih alas bedak dan bedak Alas bedak yang dipergunakan sama seperti yang dipakai untuk rias wajah sehari-hari, dengan warna yang sesuai dengan warna kulit
b. Memilih eyebrow pencil, eyeliner, mascara Eye brow pencil, eye liner, mascara warna coklat -hitam/hitam.
 c. Memilih eye shadow Eyeshadow warna coklat muda, orange, coklat tua
 d. Memilih blush on Blush on warna merah
e. Memilih lipstick Lipstick warna merah Kosmetik untuk tata rias wajah film dan televisi

Corak warna atau tone dari make-up secara seimbang harus lebih muda atau lebih terang (lighter) untuk menstandarisasikan keseimbangan itu dan menurunkan pewarnaan atau kolorasi dari pada corak-corak warna kulit.

Perbedaan penggambaran pada film dan tv yang berpengaruh terhadap make-up:

 1 Ada kecenderungan pada gambar televisi berwarna untuk mempunyai keseragaman warna kurang daripada yang ada pada film berwarna.
2. Suatu masalah lain yang dijumpai pada televisi berwarna adalah yang disebut pendarahan elektronis pada garis-garis gambar, yang secara elektronis bisa dikontrol dan dibetulkan.
3. Ada perbedaan struktur gambar antar televisi dan gambar-gambar hidup
4. Efek “noise” kamera elektronis yang bisa tampak pada televisi jauh lebih besar daripada grain atau bintik-bintik butiran pada release print film berwarna biasa -biasa saja. Walaupun secara teori “noise” itu mungkin bisa  dikontrol dengan menambah lighthing, jumlah cahaya atau lampu yang diperlukan akan menjadi terlalu banyak.
5. Pada televisi dijumpai lebih banyak distorsi muka orang daripada pada film, yaitu distorsi yang diluar batas-batas yang dapat dibetulkan dengan kemampuan artis make-up. Semua foundation, lip color, eye color dan bahan-bahan lain yang dipergunakan oleh artis make -up harus diuji benar-benar pada para pelaku dan melalui kamera, untuk memperoleh kepastian apakah bahan-bahan itu bisa disesuaikan atau tidak.

Lip color untuk televisi berwarna lebih dikurangi mengandung biru dan lebih cenderung kepada pihak warna orange (kuning kulit jeruk manis) atau agak merah-kemerahmudaan. Kebanyakan warna-warna merah dengan sesuatu jumlah warna biru dalam komposisinya menjadi lebih kuat pada televisi berwarna.
Untuk memperoleh corak warna kulit yang paling baik dalam warna, maka foundation base yang harus paling pertama dirancangkan. Pewarnaan wajah bagi watak fantastis memerlukan warna-warna yang dalam seperti merah yang terang (menyala), biru dan hijau. Pada televisi berwarna dapat diberikan shading lebih banyak pada garisgaris rahang, pipi dan tulang-tulang frontal daripada yang diberikan pada film berwarna, karena kecilnya layar-gambar dan resolusi yang lebih rendah pada sistem televisi berwarna.

Eyeshadow bercorak terang umumnya dapat digunakan dengan memperoleh efek yang amat baik tanpa kelihatan berlebih-lebihan. Highlight dapat dipergunakan dalam intensitas yang lebih kurang sama seperti pada televisi monochromatis. Eyecolors atau warna -warna bagi mata, istimewa yang biru dan yang hijau bagi TV hidup bisa mempunyai nilai warna dan intensitas yang tinggi, bila dibandingkan dengan yang dipergunakan bagi karya pada film berwarna. Make-up muka lebih banyak dan lebih bebas digunakan untuk siaran televisi berwarna daripada untuk film berwarna, yaitu untuk menutupi corak warna kulit yang sebenarnya. Pada film, lapisan setipis mungkin atau base yang sama dipakaikan pada kulit, teristimewa bagi laki-laki, untuk memelihara rupa yang asli (natural) dan supaya ada dari corak warna kulit yang asli itu merasuki make-up. Sebaliknya, make -up untuk televisi berwarna seharusnya menutupi kolorasi kulit yang asli, karena perbedaan-perbedaaan besar dalam corak warna kulit yang tepat sesuai dengan yang sebenarnya kadang-kadang tidak direproduksikan dengan tingkat keaslian atau kewajaran yang sama pada televisi berwarna. Pemerah pipi sebaiknya berwarna agak pucat dan tidak “hot”atau “panas“. Garis mata midnite brown (coklat atau sawoma tang gelap atau hitam pada garis bulu mata sebelah atas dan brown atau sawomatang pada gari bulu mata sebelah bawah. Mascara yang paling baik ialah hitam atau midnite brown , karena perlu untuk pembatasan. Semua shade eyecolor dapat dipergunakan (berimbangan dengan atau komplementer terhadap pakaian dan lip colors dan sebagainya cocok untuk dipakai.




1. Rias Wajah Foto Hitam Putih 
Penekanan pada rias wajah foto hitam putih adalah menghilangkan kesan “datar” pada wajah, dengan memberi warna gelap-terang sehingga tercipta suatu dimensi yang jelas pada model yang akan difoto. Pemberian warna gelap terang juga untuk mengoreksi bagian wajah yang kurang bagus dan bagian yang perlu ditonjolkan misalnya, bintik-bintik coklat pada wajah atau bentuk hidung yang kecil dapat ditambah shading sehingga memberi kesan mancung dan sebagainya. Rias wajah untuk foto hitam putih perlu memperhatikan antomi wajah secara seksama agar kelihatan alami. Untuk kulit yang terang diberi alas bedak yang lebih gelap agar tidak tampak terlalu pucat. Warna -warna yang diperhatikan/dipergunakan: hitam, coklat, dan khaki/aki-aki. Selain harus memperhatikan lighting (pencahayaan), set dekor yang tepat, membuat rias wajah untuk foto harus membaur karena lensa kamera dapat menangkap obyeknya dengan detail. Pada foto hitam putih yang ada adalah bayangan dan cahaya. Bayangan yang ada/terdapat pa da kertas adalah putih hitam akhirnya memudar keabu-abuan hingga menjadi putih sama sekali. Bayangan yang didapatkan karena adanya sinar, meninggalkan tonjolan-tonjolan.

2. Rias Wajah Foto Berwarna 
Dalam membuat rias wajah untuk foto berwarna, kecermatan penggunaan warna memegang peranan penting. Kepekaan lensa kamera, dan jenis film yang dipergunakan harus diperhitungkan pula. Oleh karena itu goresan-goresan warna diusahakan sehalus mungkin tanpa menghilangkan kesan alami.

Intensitas cahaya dan set dekor menentukan keberhasilan rias wajah modelnya, sehingga perlu diperhatikan pula keserasian antara rias wajah, warna busana dengan dekor dan pencahayaannya. Rias wajah foto berwarna yang berhasil, mampu mencerminkan kepribadian/karakter model yang difoto. Penata rias harus memahami model lebih dahulu, karena hasilnya sangat tergantung dari kemampuan dari foto model untuk menampilkan personalitasnya dan memberikan ekspresi yang menggugah ke dalam kamera.

 3. Rias Wajah Film 
Rias wajah film terbagi menja di tiga jenis yaitu sebagai berikut:
a. Rias wajah cantik, yaitu rias wajah yang menambah/menyempurnakan kecantikan si pemain film
b. Rias wajah karakter, yaitu rias wajah yang dibuat sedemikian rupa sehingga menunjang penjiwaan karakter tokoh yang diperankan, tanpa harus merubah total
c. Rias wajah smink, yaitu rias wajah yang menciptakan imajinasi baru pada tokoh yang diperankan, pada kondisi dan kurun waktu tertentu. B

eberapa prinsip dari tata rias film adalah sebagai berikut:
- Tekanan pada efek-efek tertentu agar perhatian penonton dapat tertuju secara khusus pada wajah pemain - Perhatian adegan yang ditampilkan, yang membuat jarak antara penonton dan pemain dapat berubah (close up, medium close up atau long shot). Hal ini menentukan apakah tata ria s dibuat tebal-kontras atau tipis-halus sifatnya - Perhitungan cahaya/lampu dan efek apa yang diharapkan muncul pada adegan tersebut

4. Rias Wajah Televisi
 Rias ini termasuk rias wajah film, hanya di sini kamera perekamnya adalah kamera elektronik (sinematron). Karena itu prinsip dasarnya juga tidak jauh  berbeda dengan rias wajah panggung, fantasi dan film, di sini lebih spesifik diperhitungkan ketajaman gambar kurang baik dibandingkan dengan yang diberikan film. Tata rias dibuat agak mendeteksi tata rias panggung, yaitu agak tebal dan sedikit kontras. Tetapi perlu juga diperhitungkan pengaruh lampu sorot yang dapat mempengaruhi warna.

Komentar

Postingan Populer